Jumat Bersih



Kalikuto, SMA N 2 Grabag Kabupaten Magelang melatih siswa siswi untuk menjaga lingkungan sekolah, dengna melakukan Jumat bersih. Seluruh guru dan siswa terlibat langsung dalam membersihkan lingkungan sekolah dari sampah yang dapat mengganggu kesehatan dan keindahan.

Waka Kurikulum SMA N 2 Grabag, Nur Hayati mengatakan, kegiatan Jumat bersih merupakan instruksi dari dinas yang dilakukan setiap hari Jumat selama tiga minggu berturut-turut, yang diharapkan setelah kegiatan ini warga sekolah menumbuhkan kesadaran kebersihan lingkungan sekolah. “Guru dan siswa bergotong royong membersihkan sampah,” ujarnya, Jumat (27/09).

Nur hayati menyebutkan, kegiatan Jumat bersih dilakukan sebelum jam pelajaran dilaksanakan, setelah kebersihan langsung melaksanakan pembelajaran seperti biasa.

Siswa dilatih utnuk disiplin menjaga lingkungan, dan dibiasakan hingga dewasa mendatang, supaya terbiasa memelihara lingkungan sekitar dan tidak melakukan kegiatan negative. “Seperti membuang sampah sembarangan. Kegiatan ini juga melatih karakter siswa,” ungkapnya.

Dengan menjaga lingkungan, diharapkan sekolah menjadi ruang yang nyaman bagi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar, dan tempat bermain ketika jam istirahat. “Jadi ketika berada di lingkungan sekolah, tidak lagi membosankan,” katanya.

Melalui kegiatan seperti ini, ia berharap dapat memberikan pendidikan baru di luar kelas dan menjadi ruang belajar siswa. “Sehingga, belajar tidak harus di dalam kelas. Siswa dapat diajak meneliti lingkungan sekitar,” tambahnya.

Komentar